Manfaat jahe dan gula merah untuk ayam bangkok dalam pembuatan jamu sangatlah banyak. Saat ini sudah banyak tersedia dalam sachet yang isinya berupa bubuk kering. Beragam jenisnya seperti jahe merah paling populer saat ini.

Begitu juga gula merah juga mempunyai peran penting pembuatan jamu untuk ayam. Kandungan didalamnya dapat menetralisir rasa jahe yang pedas. Maka gula merah wajib digunakan dalam ramuan jahe agar rasanya tidak terlalu pedas.

Dalam artikel ini mbah wiryo akan menjelaskan tentang berbagai manfaatnya serta cara meracik dan menggunakannya dalam pembuatan jamu. Yuk simak aja langsung.

baca juga : jamu ayam aduan warisan leluhur

manfaat jahe

Kandungan dan manfaat Jahe Merah untuk ayam bangkok

Ada beragam zat yang terkandung dalam jahe, seperti vitamin juga ada di dalamnya. Banyak cara mengolah tanaman jahe merah, ada dimanfaatkan untuk minuman bahkan diproduksi dalam bentuk sachet. Sebenarnya apa sih kandungan di dalamnya?

Kandungan utama dalam jahe merah adalah minyak atsiri yang mana berguna untuk meningkatkan imunitas. Selain itu kandungan antioksidan di dalamnya adalah gingerol dan shogaol.

Dimasa sekarang tanaman ini dimanfaatkan juga untuk jamu ayam jago. Kandungan didalamnya dipercaya dapat meningkatkan kekebalan ayam terhadap penyakit. Namun untuk pemanfaatannya diperlukan bahan lainnya supaya dapat ditelan oleh ayam.

Jadi jahe merupakan salah satu bahan yang sering digunakan dalam ramuan jamu ayam aduan. Bila diracik bersama bahan herbal lainnya akan memberi efek positif terhadap ayam petarung. Biasanya hasil racikannya berbentuk lonjong – lonjong sepanjang 2 cm sebesar jari kelingking.

Salah satu brand ternama adalah merk “mbah wiryo” , karena bahan yang digunakan adalah herbal pilihan yang mampu mendongkrak performan ayam jago. Informasi bahan serta manfaat pengunaan jamu ayam silahkan klik mbah wiryo.

Kandungan dan manfaat gula merah untuk ayam jago

Gula merah atau sering orang menyebutnya gula aren karena terbuat dari air nira yang diproses sedemikian rupa. Khasiat gulmer bukanlah hal yang baru di masyarakat, karena bahan ini sering digunakan dalam resep masakan. Namun saat ini juga dimanfaatkan untuk campuran bahan pembuatan jamu ayam.

Terdapat banyak zat makro serta mikronutrien terkandung dalam gula merah. Seperti garam mineral dan beragam vitamin B1, B2, B3, B6 dan B12 juga terdapat didalamnya. Hal inilah yang mendorong pengunaannya untuk jamu ayam.

Selain itu bahan ini juga memiliki rasa yang manis, sehingga dapat menjadi penyeimbang. Biasanya para botoh mencampur bahan ini agar dapat dengan ditelan oleh ayam bangkok. Ada beragam manfaat gula merah dapat sobat ketahui.

Salah satu manfaat bagi ayam aduan adalah mengoptimalkan fungsi sel dalam tubuh. Sehingga hal ini dapat mempercepat proses mengobati luka kecil akibat duel di arena. Disamping itu dipercaya juga dapat menaikan stamina ayam.

Cara meracik jahe dan gula merah untuk ayam petarung

Setelah sobat mengetahui kandungan dan manfaat dalam jahe dan gula merah, maka saatnya meraciknya. Untuk membuat jamu jago tidaklah sulit selama sobat mau mencobanya. Memang diperlukan tenaga serta kesabaran ekstra dalam pembuatannya.

Sebaiknya sobat membuatnya dalam porsi kecil dahulu, supaya sobat terlatih bila ingin membuat dalam porsi yang banyak. Bahan yang diperlukan adalah 250 gram jahe, 250 gram gula merah, tepung terigu 500 gram dan air 1 liter.

Sesudah bahan tersedia langkah pertama adalah parut jahe sampai halus simpan dalam wadah. Selanjutnya sobat iris kecil – kecil gula merahnya, tempatkan dalam wadah terpisah. Berikutnya ayak tepung terigu sehingga menjadi halus sehingga mudah pengunaannya nanti.

Kemudian rebus air 1000 ml sampai mendidih, masukan irisan gula merah. Aduk sampai larut sempurna, sebelumnya kecilkan api kompornya. Bila sudah larut, masukan parutan jahe dengan mengaduk perlahan agar tercampur dengan baik.

Bila air sudah berkurang seperempatnya, maka matikan kompor. Biarkan sampai dingin sama seperti suhu ruangan. Saring air rebusan agar menjadi bersih dari sisa parutan jahe dan gulmer

Selanjutnya siapkan terigu halus dalam wadah tersendiri. Uleni dengan mencampurkan air rebusan tadi sampai kalis. Kemudian cetak sebesar jari kelingking sepanjang 2cm agar mudah ditelan ayam jago.

Bila sudah dibentuk, jemur dibawah terik matahari untuk mengurangi kadar airnya. Setelah kering sempurna simpan dalam wadah kedap udara agar dapat disimpan. Jangan terlalu lama disimpan, biasanya akan berjamur bila tidak terbungkus rapi.

Penutup

Demikian cara memanfaatkan jahe dan gula merah dalam pembuatan jamu untuk ayam bangkok. Dalam meracik diperlukan usaha dan pengorbanan, namun bila sudah terbiasa akan mudah dalam melakukannya. Kiranya ini dapat bermanfaat sehingga sobat semakin rajin merawat gacoannya.

Salam hoby dari jamu ayam jago mbah wiryo. Terima kasih