jenis ayam bertubuh kecil

Jenis ayam bertubuh kecil sangatlah mudah dipelihara oleh pemula. Tempat pelihara bisa dilakukan dalam ataupun diluar rumah. Bila mempunyai pekarangan rumah, bisa dipelihara secara bebas atau liar karena jenis ayam ini cukup mirip dengan burung.

Salah satu jenisnya ialah ayam betina mungil yang memiliki kemampuan untuk memberi anda sekitar 150 butir telur dalam setahun. Selain itu, ayam ini juga bisa bernyanyi, yang jika didengar maka kerasnya akan sama dengan suara normal manusia. Ayam ini juga dapat mengadopsi, membesarkan, juga ramah kepada anak ayam.

Tentunya diperlukan perawatan yang baik agar ayam selalu sehat. Selain pakan yang berkualitas diperlukan jamu khusus ayam untuk menjaga kesehatannya. Memandikan ayam dengan benar juga dapat menyegarkan tubuh ayam.

Baca juga: jamu ayam aduan terbaik

Berikut Jenis Ayam Bertubuh Kecil Terkenal

1. Ayam Serama Bantam

Serama Bantam merupakan jenis ayam dengan tubuh paling kecil di dunia. Berat mereka kurang dari 50 gr baik itu ayam jantan atau betina. Namun, terdapat sebuah keuntungan apabila memelihara ayam ini.

Perawatan ayam ini terbilang sangat sedikit, karena mereka hewan yang santai, jadi tidak memerlukan banyak biaya. Satu kemampuan ayam ini, khususnya ayam jantan yaitu, ia berkokok maksimal 60 desibel dan suaranya sekeras anda saat menelepon.

2. Ayam Kate (Dutch Bantam)

Berikutnya ialah ayam Kate yang masuk dalam salah satu ayam bertubuh kecil. Jika dilihat, mereka ini tidak sekecil dan seringan ayam Serama, namun ayam ini mampu menarik perhatian sekitarnya karena penampilannya yang sangat khas.

Mungkin anda akan melihat bahwa anak ini unik dan mempesona. Ia mempunyai sisir merah besar yang uniknya lagi, setiap ujungnya terlihat berbeda. Ditambah lagi dengan telinga yang berwarna putih semakin membuatnya cantik mempesona.

Dibalik keindahannya, ternyata ayam ini memiliki mental yang cukup kuat atau pemberani. Dia siap dan mampu melawan ayam lain yang bahkan ukuran tubuhnya sangat berbeda jauh. Ayam ini juga hewan komersial yang pernah populer pada abad ke-17 di Belanda.

3. Ayam Jambul Batik (Appenzeller Bantam)

Ayam ini mempersembahkan keunikan tubuhnya yang tak kalah unik. Ia mempunyai “model rambut” seperti bintang rock yang runcing di kepalanya. Jenis ayam ini beberapa tidak mempunyai jambul namun mereka mempunyai jenggot.

Jiwa ayam ini juga salah satu jiwa yang bebas. Mereka tidak suka ditahan atau dikurung dan mereka suka terbang. Tips memeliharanya adalah dilepaskan dan dibiarkan berkeliaran bebas.

4. Ayam Old English Game

Dulunya ayam ini disebut ayam aduan. Dikarenakan ayam ini cukup gesit, penuh semangat, dan tidak kenal takut.

Namun kini ia telah dijadikan ayam hias. Meskipun begitu, dikarenakan bawaan lahir, ayam ini masih mempunyai naluri bertarung. Anak ayam yang sudah bisa bertarun di usia dini bahkan ayam jantan dewasa juga sangat agresif. Sama seperti ayam jambul batik, merka tidak suka dikurung dan permainan mereka bisa sangat mematikan loh.

Kebalikannya lagi dengan ayam betina. Mereka ayam yang lembut dan jinak. Dikarenakan lembut dan jinaknya ayam ini, beberapa peternak sampai menggunakan mereka sebagai induk asuh loh.

5. Ayam D’Uccle Belgian

Ayam Belgian ini juga bertubuh kecil dan memiliki penampilan yang lebih menarik dan berbeda dengan ayam lain. Ia memiliki tampilan yang cukup mewah karena memliki bulu cantik dan berjenggot. Juga mempunyai kaki berbulu dan lebih pendek karena garis keturunan konduktif. Adapun sepupunya yaitu Booted Bantams bahkan tidak memilikinya.

Jenis ini merupakan ayam pertelur yang luar biasa karena seekor ayam betina saja, bisa menghasilkan kurang lebih 50 butir telur kecil berwarna krem setiap tahunnya loh. Mereka hadir dengan berbagai varietas seperti Golden Neck, Mille Fleur, Porcelain, dan lainnya.

6. Ayam Belgia D’Anvers

Ayam Belgian D’Anvers adalah jenis ayam yang kuno. Pada abad ke-17 mereka dilacak kemunculannya kembali oleh para sejarawan dan akhirnya mereka diakui sebagai ras resmi, pada tahun 1940an oleh APA. Jenis ayam ini juga salah satu dari ayam betina yang tidak mau mengerami telur.

Selain itu, ayam ini juga menganggap sekitar mereka adalah panggung pertunjukan yang membuat mereka tampil dengan penuh percaya diri, dengan mengangkat kepala mereka setinggi-tingginya dan menjaga ekornya tetap mengalir ke atas.

Ayam ini juga memiliki janggut dan kaki yang cukup bersih, bahkan ini ada beberapa warna. Jika anda menyukai warna putih, anda bisa mencoba memelihara ayam ini yang berwarna putih.

Hewan ini bisa dijadikan peliharaan karena mereka sangat lembut dan ramah. Tapi, mereka bukan jenis ayam yang memproduksi telur yang baik.

7. Ayam Booted Bantam (Sabelpoot)

Ayam ini menampilkan bulu yang mewah di kakinya dengan baik. Ayam ini dikatakn mirip dengan Belgian d’Uccle karena beratnya yang hampir sama namun sedikit lebih tinggi. Ayam ini tampak berotot dengan punggung berbentuk huruf U juga memiliki pial merah yang besar.

Mereka adalah ayam kecil yang mempunyai temperamen baik dan ramah pada anak ayam serta memiliki jiwa yang tenang. Selain itu, mereka juga merupakan ayam petelur yang baik.

8. Ayam Rosecomb

Rosecomb adalah jenis ayam yang tidak terlalu berguna selain sebagai ayam hias yang bagus. Ayam betina tidak bertelur juga tidak mengerami telur.

Tampilan jengger ayam ini besar dan panjang serta agak runcing ke atas. Memiliki pial yang sempurna, cocok dengan ekor yang tegak. Ayam ini juga memiliki telinga putih besar yang menyatukan seluruh tampilan tubuhnya.

9. Ayam Batik

Ayam batik atau Sebrights adalah salah satu jenis ayam mungil namun juga yang paling lucu. Mereka memperlihatkan keindahan bulu mereka yang sangat kontras antara warna hitam dan bulu emas atau bahkan perak.

Ayam jantan Sebright cukup mudah dijinakkan, meskipun mereka juga suka berkeliaran alias berjiwa bebas. Ayam betina juga tidak mau kalah dalam menampilkan pesonanya loh. Tetapi sayangnya, mereka inin kurang produktif dalam bertelur. Ayam betina hanya bertelur beberapa butir saja.

10. Ayam Kapas Jambul (Sultan)

Di masa para bangsawan, ayam Kapas Jambul khususnya ayam jantan adalah salah satu dari ayam yang suka dipelihara sebagai hiasan di atas rumput halaman rumah. Ayam jantan Sultan sering memenangkan kontes. Bagian tubuhnya seperti jambul, pial, kaki, dan telinga semua tertutup bulu. Saya tahu, itu adalah jumlah bulu yang banyak untuk seekor ayam ynag kecil.

Sebuah kabar beredar kalau ras ini pertama kali dijumpai di turki, namun tak lama kemudian ada di kerajaan inggris.

11. Ayam Cubalaya

Ayam Cubalaya ini di dapat dari hasil campuran garis ayam kuba, Filipina, Dan Erope kemudian mengecilkannya. Dan jadilah ayam Cubalaya. Dikarenakan percampuran inilah yang membuat ayam ini langka dan mempunyai tampilan mencolok berkat garis keturunannya yang unik.

Salah satu ynag membuat mereka menonjol ialah “ekor lobster” mereka. Julukan yang lucu namun mewah cukup membuat kita membayangkan ayam ini mengikuti peragaan busana ayam dengan sangat anggun.

Namun bukan hanya untuk memesona yang melihatnya. ternyata tampilannya ini memiliki tiga fungsi lainnya yaitu digunakan untuk bertelur, unggas daging, dan ayam aduan.

12. Ayam Kapas (Silky)

Silkies atau ayam kapas adalah salah satu ayam yang paling mudah dikenali. Bulu-bulu mereka hampir seperti kapas karena memiliki sifat genetik yang unik. Kombinasi ini sangat sesuai dan membuat jenis ayam bertubuh kecil ini seperti bola kapas yang berjalan. Info tambhakan, beberapa varietas ini bahkan memiliki jenggot!

Bagaimanapun juga, walau bulunya terlihat menggemaskan tetapi kadang membuat jengkel karena sering menghalangi aktivitas mereka. Oleh karena itu, pemilik Silkie biasanya memakai kuncir kuda atau memangkas jambul ayam kecil ini.

Ada satu lagi loh yang keren dari mereka yaitu ayam ini berwarna hita bahkan sampai ketulangnya loh!