Daun herbal atau tanaman obat keluarga atau toga mempunyai banyak manfaat. Diantaranya penambah stamina, mengobati luka dalam atau luka luar. Selain berguna untuk manusia dapat juga digunakan untuk binatang.

Pada masa kini sudah banyak digunakan untuk jenis unggas. Salah satunya untuk jenis ayam bangkok atau aduan. Ada lebih 36 macam tanaman obat keluarga di Nusantara. Bagian yang sering digunakan adalah daun, akar, batang hingga buahnya.

Pada artikel kali ini mbah wiryo akan membahas daun herbal yang berfungsi sebagai penambah stamina ayam bangkok. Ada banyak jenis tanaman obat yang dimanfaatkan daunya. Salah satu yang paling trending saat ini adalah daun kelor, daun mengkudu.

baca juga : jamu ayam aduan kuat nafas

Daun kelor
daun herbal penambah stamina

Berikut Daun Herbal penambah stamina ayam adu

Terdapat beragam jenis tanaman yang dimanfaatkan daunnya. Sebagai contoh daun kelor, Rumput Teki, Daun Nangka, Daun Bayam, Daun Mengkudu.

Mari kita kupas satu per satu agar lebih paham manfaatnya. Sehingga sobat mampu meracik bahan sebagai yang utama untuk mencapai tujuan.

1. Daun Kelor naikan stamina ayam bangkok

Pemanfaatan daun kelor untuk ayam petelur, broiler, bangkok, atau aduan lainya. Tanaman ini termasuk tumbuhan penambah stamina bila cara mengolahnya dengan benar. Terkandung vitamin A dan C, kalsium, potassium.

Perlu diketahui bahwa kandungan calcium dalam daun kelor, empat kali lebih banyak dibanding calcium dalam susu. Inilah yang menjadi referensi dalam pemanfaatannya bagi ayam. Biasanya para botoh mencampur daun kelor dengan pakan yang sedikit berair.

Mempunyai rasa yang kurang disukai ayam sehingga pemanfaatan harus dicampur dengan pakan yang berair. Pada masa sekarang banyak sekali dijual extrak daun kelor dalam bentuk serbuk. Penggunaanya jauh lebih mudah karena bisa langsung diberikan pada ayam.

Pemanfaatan kapsul daun kelor sebaiknya dierikan pada ayam yang khusus untuk aduan. Hal ini agar terdapat efisiensi biayanya. Sebaiknya digunakan pada usia 6 sampai 7 bulan, dimana kalsium sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang.

2. Rimpang Rumput teki

Memang bukan daunnya yang akan dimanfaatkan untuk penambah stamina ayam. Hal yang digunakan adalah bagian umbinya atau sering disebut rimpang rumput teki. Khasiatnya sudah banyak diketahui masyarakat karena sudah sejak lama digunakan.

Tergandung banyak gizi dalam suket teki, hal ini diyakini mampu mendongkrak stamina ayam. Selain mudah untuk memperolehnya, tidak diperlukan anggaran untuk mendapatkannya. Tempat tumbuh kembangnya terdapat di area persawahan atau di pinggiran jalan yang basah tanahnya.

Pilih yang sudah tua, karena bila yang muda belum terbentuk umbinya. Pemanfaatannya dapat diberikan setiap hari. Pemakaian yang rutin dapat menjaga kebugaran ayam peliharaan sobat.

3. Daun Nangka banyak manfaat

Sudah sejak nenek moyang penggunaan daun nangka biasanya digunakan untuk mengobati luka luar. Selain itu juga sering digunakan untuk boreh kaki yang kecapekan. Diyakini mampu merilekskan sehingga cepat berenergi lagi.

Hal inilah yang mendorong para botoh memboreh bagian tubuh sampai kaki ayam agar merasakan sensasi dan manfaatnya. Biasanya pilih daun yang masih muda, lalu diremas-remas dengan mencampurkannya sedikit air.

Apabila dalam pembuatannya, sobat mengalami kesulitan maka diblender lebih cepat. Sesudah itu siapkan tempat lalu oleskan pada semua bagian tubuh dan kaki. Hal ini dapat membuat ayam menjadi rilek dan terasa nyaman.

Sebaiknya lakukan di pagi hari sebelum memandikan ayam aduan sobat. Sangat dianjurkan untuk ayam bk yang sehabis diadu. Diyakini mampu mengobati luka ataupun lebam, selain itu dapat mengobati luka secara cepat.

4. Buah mengkudu dongkrak stamina

Stamina ayam dapat menjadi terdongkrak sehabis diberikan jus buah yang sau ini. Namun biasanya akan mengalami kesulitan saat pemberiannya. Maka pemberian dalam bentuk serbuk atau kering lebih disarankan.

Cara mengolahnya adalah dengan memotongnya kecil-kecil kemudian dijemur sampai kering. Setelah itu ditumbuk, bila dirasa sudah halus maka dapat digunakan untuk menaikan sataminanya. Biasanya para botoh mencampurnya bersama pakan agar dapat mudah dimakan.

Kandungan anti oksidan dalam buah mengkudu sangat bagus untuk menjaga tetap fit. Saat ini sudah banyak dijual kapsul ektraknya, sehingga sobat dapat memperolehnya di apotik. Selain itu dipercaya dapat memperlancar pencernaan, sehingga ayam akan lahap makan.

5. Daun Bayam

Mungkin sobat tidak pernah memanfaatkan daun yang satu ini untuk gacoannya. Padahal kandungan didalamnya ternyata dapat menambah stamina. Kandungan paling dominan dalam daun bayam adalah zat besi yang tinggi.

Untuk mendapatkan daun yang satu ini tidaklah sulit, karena mudah tumbuh di pekarangan. Biasanya masyarakat kita memasak untuk dibikin sup sebagai sayur makan. Namun ternyata untuk ayam juga sangat bagus pengaruhnya.

Pemberian secara rutin dapat membuat ayam lebih aktif. Sehingga diyakini ketika di arena nantinya akan sangat lincah dalam bertarung.

Trik memberikan daun penambah stamina ayam

Tentunya tidaklah mudah memberikan pakan dedaunan, namun ada beberapa metode agar lebih mudah pemberiannya. Sobat bisa memotongnya kecil-kecil lalu dicampurkan dengan pakan basah. Hal ini dapat secara naluri ayam sobat akan mematok dedaunan tersebut.

Bisa juga sobat dengan mengolahnya terlebih dahulu, dengan cara memasaknya. Namun cara ini agak rumit karena diperlukan usaha dalam memasaknya. Tetapi bagi sebagian orang, dengan memasaknya terlebih dahulu, akan mudah ditelan.

Metode yang terakhir adalah dengan mengeringkannya terlebih dahulu. Mereka percaya dengan berkurangnya kadar air dalam daun akan memberikan efek yang sangat bagus. Itulah beberapa metode dalam pemberian dedaunan agar mudah dimakan ayam.

Penutup

Setelah sobat tahu beberapa daun herbal yang dapat mendongkrak stamina, maka dapat dipraktekan. Pilih daun yang mudah sobat dapatkan di lingkungan sobat berada. Bila sobat ingin memberikan jamu khusus ayam, sobat dapat memilih merk mbah wiryo.

Selain mudah untuk mendapatkannya harga juga terjangkau dengan kualitas premium. Silahkan klik mbah wiryo untuk lebih mengetahui berbagai manfaat dan kandungan didalamnya. Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *